Pemimpin yang baik menurut Hindu adalah pemimpin yang mampu memberikan tauladan, selalu mengusahakan kesejahteraan rakyat dan menghindari kesenangan pribadi.

Kepemimpinan merupakan salah satu materi ajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budhi Pekerti pada tingkat kelas 7 (tujuh) semester genap kurikulum 2013. Dalam bab ini kompetensi dasar (KD) yang diharapkan adalah menjelaskan konsep kepemimpinan dalam agama Hindu.

Sebagai uji kopetensi sejauh mana peserta didik memahami materi ini bisa melakukan latihan soal berikut yang dikemas ke dalam quiz interkatif yang menarik.

Selamat mencoba…

1
Created on By admin

Latihan Soal Kepemimpinan Hindu Kelas 7 Semester 2

Kepemimpinan merupakan materi ajar pada tingkat sekolah menengan pertama (SMP) kelas VII Semester Genap.

1 / 10

Secara umum, kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan untuk mengoordinir dan mengerahkan orang-orang serta golongan-golongan untuk tujuan yang diinginkan. Sesuai dengan profesi maka warna yang menonjol untuk menjadi seorang pemimpin adalah….

2 / 10

Dalam sejarah kepemimpinan Indonesia bahwa setiap presiden memiliki gaya dan tipe tersendiri dalam memerintah negara Indonesia. Salah satu tipe kepemimpinan yang pernah ada adalah militeristik yaitu seorang individu yang memiliki kekuatan penuh dalam pengambilan keputusan dan kontrol mutlak atas bawahannya. Mantan Presiden yang memiliki tipe kepemimpinan di atas adalah….

3 / 10

Ir Soekarno merupakan bapak proklamator, beliau seorang orator ulung yang bisa membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia. Sifat kepemimpinan yang menonjol dari Ir. Soekarno adalah percaya diri yang kuat, penuh daya tarik, penuh inisiatif dan inovatif serta kaya akan ide dan gagasan baru.

Tipe kepemimpinan yang dimiliki Presiden pertama Indonesia adalah….

4 / 10

Seorang pemimpin harus bermoral yang luhur, yaitu memimpin untuk melayani dengan sepenuh hati dan bukan untuk dilayani. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari Sad Warnaning Rajaniti yaitu…

5 / 10

Catur Kotamaning Nrpati merupakan konsep kepemimpinan Hindu pada jaman Majapahit sebagaimana ditulis oleh M. Yamin dalam buku “Tata Negara Majapahit.” Berikut yang tidak termasuk bagian Catur Kotamaning Nrpati adalah….

6 / 10

Pasangan yang tepat dari table di atas adalah….

7 / 10

Seorang pemimpin harus mengetahui susunan masyarakat (stratifikasi sosial) agar dapat menentukan pendekatan apa yang harus digunakan. Dalam ajaran Tri Upaya Sandhi disebut….

8 / 10

Dalam Manawadharmasastra dijelaskan bahwa seorang pemimpin harus menanamkan delapan sifat dewa di dalam dirinya yang disebut Asta Brata. Ajaran Asta Brata juga terdapat pada kakawin….

9 / 10

Sebagai pemimpin harus berani menegakan keadilan menurut hukum atau peraturan yg berlaku demi mengayomi masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan sifat Asta Brata yaitu….

10 / 10

Raja Purnawarman merupakan seorang Raja yang berhasil meningkatkan kehidupan rakyatnya. Hal ini dibuktikan dari prasasti Tugu yang menyatakan raja Purnawarman telah memerintah untuk menggali sebuah kali ntuk memperlancar pengairan sawah-sawah pertanian rakyat. Pernyataan di atas merupakan salah satu sifat Asta Brata yaitu….

Your score is

The average score is 20%

0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *