Soal Tentang Sad Atatayi

Sad Atatayi merupakan salah suatu bentuk perilaku Adharma (Ketidakbaikan) dalam agama Hindu. Di dalam kurikulum 2013 menjadi materi ajar yang disampaiakn kepada peserta didik baik pada tingkat SD hingga SMP. Tentu materi ini diberikan bukan untuk dipraktikan namun sebagai rambu – rambu atau larangan – larangan perilaku yang dilarang dalam ajaran agama Hindu karena memberikan dampak yang merugikan baik untuk orang lain dan juga diri sendiri. Dengan memahami ajaran ini peserta didik dapat menemukenali lebih awal, perilaku – perilaku yang harus dihindari.

Setelah mempelajari materi tentang Sad Atatayi berikut bahan untuk evaluasi sejauh mana peserta didik memahami materi Sad Atatayi. Soal terdiri dari dua bentuk yaitu pilihan ganda dan esay.

A. Pilihan Ganda

1) Dalam ajaran agama Hindu mengenal Tiga Kerangka Dasar sebagai pilar tegaknya agama Hindu di Nusantara. Berikut yang tidak termasuk ke dalam bagian Tri Krangka Dasar Agama Hindu adalah….
A) Tatwa
B) Susila
C) Dharma
D) Acara

2) Setiap perbuatan yang kita lakukan akan mendatangkan hasil sesuai dari perbuatan itu sendiri. Dalam ajaran Panca Sradha disebut dengan…
A) Karma
B) Brahman
C) Atman
D) Punarbawa

3) Berikut istilah – istilah untuk menunjukan sikap dan perilaku baik, kecuali….
A) Susila
B) Dharma
C) Subhakarma
D) Dursila

4) “Risakwehning sarwa bhuta, iking janma wwang juga wenang gumawayaken ikang subhasubha karma, kuneng panentasakna ring subhakarma juga ikangasubhakarma, phalaning dadi wwang”.
Dalam kitab Sarasmucaya Sloka 2 di atas dijelaskan manfaat lahir menjadi manusia yaitu…
A) Melakukan kebaikan
B) Mencari harta kekayaan
C) Meneruskan keturunan
D) Untuk mencapai moksa

5) Dalam Mahabharata dikisahkan bahwa Duryodana begitu membenci para Pandawa dan berniat membinasakan mereka. Dengan bimbingan dan nasihat dari Sangkuni, ia merancang suatu siasat untuk membunuh para Pandawa dan merekayasa agar pembunuhan tersebut terlihat sebagai kecelakaan belaka. Maka dari itu, ia memanggil seorang arsitek bernama Purocana, dan memerintahkannya untuk membangun suatu istana kecil berbahan lak di tengah hutan Warnabrata (Barnava) sebagai perangkap mematikan bagi para Pandawa.

Pada hari yang ditetapkan, Laksagraha dibakar oleh Purocana saat para Pandawa berada di dalamnya. Namun, percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh Duryodana akhirnya gagal sebab Pandawa berhasil menyelamatkan diri melalui terowongan yang dibangun oleh para penambang yang diutus oleh Widura.
Dari kisah di atas dalam Sad Atatayi tergolong kedalam kejahatan…
A) Wisada
B) Agnida
C) Dratikrama
D) Sastragna

6) Sad Atatayi merupakan enam jenis kejahatan yang memunculkan kekejaman dan mengakibatkan penderitaan. Berikut yang tidak termasuk ke dalam Sad Atatayi adalah….
A) Agnida
B) Rajapisuna
C) Wisada
D) Akroda

7) Gambar di bawah menunjukan kekejaman yang dilarang oleh agama, dalam Sad Atatayi disebut….

A) Atharwa
B) Rajapisuna
C) Sastragna
D) Dratikrama

8) Gambar berikut yang menunjukan kejahatan dalam bentuk Sastragna ditujukan pada nomor….

A) 1
B) 2
C) 3
D) 4

9) DOMPU, KOMPAS.com- Seorang pelajar SMA di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), nekat bunuh diri dengan cara minum racun serangga. Korban diketahui bernama SR (16), warga Kecamatan Kempo. Dugaan sementera, korban nekat mengakhiri hidupnya setelah dimarahi ibunya.
Berdasarkan kasus di atas termasuk jenis pelanggaran dalam Sad Atatayi yaitu….
A) Agnida
B) Dratikrama
C) Wisada
D) Raja Pisuna

10) Penggunaan internet di Indonesia didominasi oleh generasi milenial, dan generasi ini juga sangat rawan untuk menjadi korban dari bahaya informasi Hoax.
Hoax merupakan bagian dari Sad Atatayi, berikut yang tidak termasuk dampak dari hoax adalah…
A) Merugikan pihak tertentu
B) Mendapat banyak pengikut di media sosial
C) Tidak dipercaya oleh teman – temannya
D) Berurusan dengan hukum terkait UU ITE

11) Salah satu upaya mengendalikan diri terhadap Sad Atatayi adalah dengan turut merayakan hari suci keagamaan.Dengan merayakan hari suci kita lebih dekat dengan Ide Sang Hyang Widhi Wasa. Hari suci sebagai simbol menangnya kebaikan terhadap ketidakbaikan adalah…
A) Saraswati
B) Galungan
C) Pagerwesi
D) Kuningan

12) Hari suci yang digunakan untuk menajamkan cipta, rasa dan karsa batin dan pikiran umat Hindu sehingga dapat mengalahkan sifat – sifat negatif di dalam diri disebut dengan rerainan
A) Tumpek Landep
B) Tumpek Klurut
C) Tumpek Wariga
D) Tumpek Wayang

13) Dalam melaksanakan hari suci Siwaratri yaitu malam renungan suci untuk menetralisir karma – karma buruk pada umat Hindu maka dilakukan Brata Siwaratri. Berikut yang tidak termasuk Brata Siwaratri adalah…
A) Mona Brata
B) Jagra
C) Upawasa
D) Samadhi

14) Dalam melaksanakan Hari Raya Nyepi umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepia guna menyucikan Bhuana Agung dan Bhuana Alit. Pengendalian terhadap amarah dan emosi disimbolkan dengan brata…
A) Amati Geni
B) Amati Lelungan
C) Amati Karya
D) Amati Lelanguan

15) Gambar di berikut menunjukan bagian dari Sad Dharma yaitu…

A) Dharma Tula
B) Dharma Wacana
C) Dharma Shanti
D) Dharma Sadhana

16) Dalam falsafah Hindu dijelaskan adanya ajaran kesusilaan yang tanpa batas, yang menekankan bahwa setiap mahluk hidup adalah sama. Sehingga bila kita menolong mahluk lain berarti juga menolong diri kita sendiri. Ajaran yang dimaksud adalah….
A) Brahman Atman Akyam
B) Tat Twam Asi
C) Satyam Eva Jayate
D) Wasudewa Kutumbakam

17) Dalam menghindarkan diri dari Sad Atatayi kita harus lebih mendekatkan diri dengan Sang Hyang Widhi Wasa sebagai sumber kesucian yang universal. Mendekatkan diri dengan cara mempelajari ilmu pengetahuan disebut….
A) Bhakti Marga
B) Yoga Marga
C) Karma Marga
D) Jnana Marga

18) Dalam puja Tri Sandya terdapat bait yang menyebutkan pengampunan terhadap pikiran, perkataan dan perbuatan yang bertentangan dengan dharma. Puja Tri Sandya yang dimaksud adalah bait ke….
A) Tiga
B) Lima
C) Empat
D) Enam

19) Bentuk pengendalian diri berupa ajaran – ajaran susila yang menjelaskan Tiga perbuatan yang harus disucikan dalam ajaran agama Hindu disebut….
A) Tri Hita Karana
B) Tri Murti
C) Tri Kaya Parisudha
D) Tri Rna

20) Lima pengendalian diri terhadap rohani atau mental dalam ajaran agama Hindu disebut…
A) Panca Yama Brata
B) Panca Maha Bhuta
C) Panca Nyama Brata
D) Panca Maya Kosa

B) Soal Essai

1) Di dalam ajaran agama Hindu terdapat ajaran Gurususrusa yaitu bhakti dan hormat terhadap catur guru. Jelaskan bagian – bagian Catur Guru!

2) Satya merupakan bagian ajaran Panca Yama Brata yang artinya kejujuran dan kesetiaan. Dalam ajaran agama Hindu terdapat lima jenis kejujuran dan kesetiaan yang disebut Panca Satya. Jelaskan bagian – bagian Panca Satya!

3) Salah satu jalan untuk mengendalikan diri dari Sad Atatayi adalah dengan melaksanakan Tri Sandya dan Panca Sembah (Sembahyang). Dalam Panca Sembah urutan pertama terdapat puja untuk menyucikan Sang Atman. Tuliskan puja tersebut!

Related Posts

Soal Tentang Astadasaparwa Mahabharata

Parwa – Parwa Mahabharata Astadasaparwa Mahabharata merupakan materi ajar pendidikan Agama Hindu dan Budhi Pekerti Tingkat SMP Kelas IX Semester 1 (ganjil). Pada Bab ini membahas parwa…

Soal Tentang Sapta Timira Tingkat SMP

Latihan Penilaian Harian Materi Ajar Sapta Timira Tingkat SMP kelas VIII Semester 1 1) Beriktu ini adalah istilah dalam agama Hindu yang merujuk pada perbuatan baik, yaitu…a….

Soal Agama Hindu Tentang Karmaphala

Latihan Penilaian Harian Materi Ajar Karmaphala Tingkat SMP kelas VII Semester 1 A. Pilihan Ganda 1) Berikut yang bukan merupakan Tri Krukunan Dasar Agama Hindu adalah…A. TatwaB….

Soal Tentang Tri Guna Tingkat SMP

Latihan Penilaian Harian Materi Ajar Tri Guna Tingkat SMP kelas VIII Semester 1 Soal 1.Tiada makhluk yang hidup, baik di sini maupun di kalangan para deva di…

Soal PAS Ganjil Agama Hindu Kelas 8

Berikut adalah contoh soal untuk latihan Penilaian Akhir Semeter (PAS) Ganjil Pendidikan Agama Hindu & Budi Pekerti Tingkat SMP Kelas 8 (Delapan). Soal terdiri dari 2 bentuk…

Soal PAS Ganjil Agama Hindu Kelas 7

Berikut adalah contoh soal untuk latihan Penilaian Akhir Semeter (PAS) Ganjil Pendidikan Agama Hindu & Budi Pekerti Tingkat SMP Kelas 7 (Tujuh). Soal terdiri dari 2 bentuk…

Leave a Reply

Your email address will not be published.