Pengertian dan Bagian Panca Satya

“Tidak ada dharma yang lebih tinggi dari kejujuran, tidak ada dosa yang lebih rendah dari dusta. Dharma harus dilaksanakan diketiga dunia ini dan kejujuran harus tidak dilanggar”.

Slokantara, sloka 3 (7)

Kejujuran sangatlah perlu ditanamkan sejak dini, karena Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya dan Kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.

Dalam Hindu mengenal ajaran Panca Satya yaitu lima macam kejujuran, kesetiaan dan tanggung jawab yang bersumber dari hati nurani. Adapun dari kelima bagian Panca Satya yakni sebagi berikut:

  1. Satya Hredaya adalah setia terhadap kebenaran dan kejujuran kata hati, berpendirian teguh, dan tidak terombang-ambing.
  2. Satya Wacana adalah setia, jujur dan benar dalam berkata-kata. Tidak mengucapkan kata-kata yang tidak sopan dan kasar.
  3. Satya Samaya adalah setia dan jujur terhadap janji yang telah diucapkan. Perkataan yang telah diucapkan haruslah ditepati dan dipenuhi.
  4. Satya Laksana adalah sikap setia dan jujur mengakui serta mempertanggungjawabkan kebenaran dari segala perbuatan yang telah dilakukan.
  5. Satya Mitra adalah setia dan jujur kepada teman dalam segala hal serta tidak berpura – pura dan saling mendukung satu sama lain.

Dengan melaksanakan ajaran panca satya pasti akan mendatangkan kepercayaan, sehingga akan melahirkan sebuah kebahagiaan. Karena dengan kejujuran kemuliaan sifat seseorang akan bertambah. Apabila itu dikembangkan terus menerus maka akan mendatangkan kebahagiaan pada diri sendiri maupun orang lain.

Image by Freepik

Related Posts

Ciri Dan Karakteristik Tri Guna

mānusah sarvabhūtesu varttate vai subhāśubhe aśubhesu samavistam śubhesvevāvakārayetArtinya: Di antara semua makhluk, hanya manusia sajalah yang dapat melaksanakan dan membedakan perbuatan yang baik maupun perbuatan yang buruk,…

Dasa Mala Sebagai Perilaku Yang Harus Dihindari

Manusia lahir ke dunia memiliki dua kecenderungan yaitu daiwi sampad sebagai sifat kedewataan dan asuri sampad sebagai sifat keraksaan, dimana keduanya mendorong seseorang untuk berbuat baik dan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.