Agama Hindu pada awalnya berkembang di India. Setelah itu, barulah menyebar ke negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

Masuknya Agama Hindu di nusantara dimulai pada awal masehi, melalui jalur perdagangan Dunia.

Proses masuk dan berkembangnya agama Hindu di Nusantara memunculkan teori teori yang berbeda dari para ahli sejarah. Berikut beberapa teori masuknya Agama Hindu di Nusantara :

  1. Teori Brahmana
    Teori Brahmana dikemukakan oleh J.C. Van Leur. Ia menyatakan bahwa Agama Hindu masuk ke Nusantara dibawa oleh orang orang suci.
  2. Teori Ksatria
    Teori Ksatria dicetuskan oleh C.C. Berg dan Mookerji. Ia mengungkapkan bahwa agama Hindu dibawa ke Nusantara oleh para prajurit perang.
  3. Teori Waisya
    Teori Waisya dicetuskan oleh N.J. Krom. Ia mengungkapkan bahwa agama Hindu masuk ke Nusantara dibawa oleh para pedagang dan saudagar India.
  4. Teori Sudra
    Teori Sudra dikemukakan oleh van Faber.Ia menyampaikan bahwa Agama Hindu dibawa ke nusantara oleh para kaum buruh dan pekerja India.
  5. Teori Arus Balik
    Teori Arus Balik dicetuskan oleh F.D.K. Bosch. Ia berasumsi bahwa bangsa di Nusantara belajar agama Hindu di India lalu menyebarkan kembali di Indonesia

Dengan Berkembangnya Agama Hindu di Nusantara telah membawa perubahan besar, yaitu berakhirnya zaman pra sejarah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *