Satu lagi hari raya yang disakralkan oleh umat Hindu Nusantara adalah tumpek landep. Yang diperingati setiap Saniscara Kliwon wuku Landep.

Makna Tumpek Landep adalah ungkapan rasa terima kasih umat Hindu terhadap Sang Hyang Siwa Pasupati yang memberikan ketajaman pemikiran.

Adapun ketajaman itu layaknya senjata yang berbentuk runcing seperti keris, tombak dan pedang. Sehingga tumpek landep digunakan sebagai hari untuk menyucikan berbagai senjata pusaka warisan leluhur.

Tidak diketahui dengan pasti kapan terjadi pergesaran makna dari upacara pembersihan dan penyucian aneka senjata menjadi upacara untuk kendaraan bermotor. Ya mungkin karena sama – sama terbuat dari bahan logam dan di era modern sudah minim umat Hindu yang memiliki senjata pusaka.

Namun, Apapun bentuk upacaranya kembali ke inti tumpek landep bahwa umat manusia dianugrahi sebuah senjata yang amat mulia yaitu Pikiran. Dengan mengasah pikiran menggunakan ilmu pengetahuan maka diharapkan dapat memotong akar kebodohan, kegelapan dan kesengsaraan.

Laksana lampu ditempat tak berangin nyalanya tak berkedip, inilah perumpamaan bagi seseorang yang telah mengendalikan pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *