Tri Rna sebagai Dasar Upacara Yajna

Om Swastyastu.

Tahukah kamu bahwa setiap kelahiran kita ke dunia memiliki tujuan yang mulia?

Moksa dalam ajaran agama Hindu dianggap sebagai tujuan akhir kehidupan . Moksa hanya dapat dicapai ketika seseorang dapat menyelesaikan kewajiban – kewajiban di dunia. Lalu apa saja kewajiban – kewajiban umat Hindu?

Dalam Taittiriya Sanhita (6.3.10.5), dinyatakan: seorang anak dilahirkan dengan tiga hutang yang harus dibayar kembali dalam hidupnya.

Ketiga hutang tersebut dinamakan dengan Tri Rna. Berikut rinciannya.
1) Dewa Rna.
Terdapat aspek yang maha kuasa sebagai pencipta, pemelihara, dan mempralina jagat raya. Sehingga manusia memiliki hutang kehidupan terhadap Ide Sang Hyang Widhi Wasa beserta mani festasinya. Inilah yang dinamakan Dewa Rna. Dengan Puja, Sradha, dan Bhakti umat Hindu dapat menebusnya.

2) Rsi Rna
Manusia memperoleh pengetahuan yang berasal dari para Rsi sebagai penghimpun dan penutur ajaran suci Weda. Dengan demikian seseorang berhutang jasa pengetahuan. Inilah yang dinamakan Rsi Rna.
Dengan mengamalkan dan melestarikan ajaran – ajaran Weda umat Hindu dapat membayarnya.

3) Pitra Rna.
Keberadaan orang tua dan leluhur menjadi perantara manusia lahir ke dunia. Melalui kasih sayang dan pendidikan kita dibesarkan. Dengan demikian seseorang berhutang budhi inilah yang dinamakan Pitra rna. Dengan berbakti kepada kedua orang tua dan leluhur kita dapat melunasinya.

Itulah Tri Rna sebagai dasar umat Hindu melaksanakan Upacara Panca Yajna. Dia yang menebus tiga hutang, maka ia dapat mencapai kelepasan. Dan barang siapa yang mencari kelepasan tanpa membayar hutang maka ia akan tenggelam.

Selalu bersemangat, hutang bukanlah beban yang membuat berat perjalanan, tetapi penyemangat menjalankan roda Dharma.

Sumber gambar: Nyepi vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Related Posts

Runtutan dan Arti Kramaning Sembah

Kramaning sembah merupakan runtutan pesembahyangan dalam agama Hindu. Kramaning sembah biasa dilakukan dalam persembahyangan – persembahyangan yang dilakukan oleh umat (krama) secara bersama – sama yang dipimpin…

Makna Sarana Persembahyangan dalam Agama Hindu

Om Swastyastu.Dalam ajaran agama Hindu Persembahyangan merupakan salah satu cara menyampaikan bhakti sekaligus upaya mendekatkan hubungan dengan Sang Pencipta. Persembahyangan dapat dilakukan dalam dua bentuk yaitu Nitya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.