Panca Maha Bhuta Unsur Pembentuk Alam Semesta

Alam semesta adalah tempat yang sangat besar dan luas. Rumah bagi Bumi, Tata Surya, galaksi, hingga benda langit lainnya.

Tahukah kamu apa saja unsur pembentuk alam semesta?

Dalam agama Hindu alam semesta atau jagad raya di sebut dengan bhuana agung, sedangkan diri manusia sebagai penghuni alam semesta disebut dengan bhuana alit. Baik bhuana agung dan bhuana alit tersusun dari unsur yang sama.

Terdapat lima unsur dasar sebagai penyusun bhuana agung dan bhuana alit yang disebut dengan Panca Maha Bhuta. Berikut pembagiannya:

1. Akasa
Merupakan unsur yang paling halus yang tidak terwujud dan tidak tampak. Akasa pada bhuana agung membentuk angkasa atau ruang kosong dan pada bhuana alit membentuk rongga – rongga tubuh.

2. Bayu
Merupakan energi penggerak pada alam semesta. Bayu pada bhuana agung membentuk unsur udara dan pada bhuana alit membentuk unsur nafas.

3. Teja.
Merupakan energi panas yang membentuk sinar atau cahaya. Teja pada bhuana agung membentuk unsur api, dan pada bhuana alit membentuk unsur panas tubuh.

4. Apah.
Merupakan energi cair yang bersifat mengikat pada alam semesta. Apah pada bhuana agung membentuk unsur air, dan pada bhuana alit membentuk segala unsur cairan pada tubuh.

5. Pertiwi.
Merupakan unsur yang paling kasar dan memiliki bentuk yang padat. Pertiwi pada bhuana agung membentuk unsur tanah, dan pada bhuana alit membentuk organ tubuh fisik.

Setiap unsur memiliki peranan yang penting pada setiap tempatnya. Ketidakseimbangan dari ke lima unsur panca maha bhuta, dapat mengakibatkan bencana bagi bhuana agung dan bhuana alit.

Related Posts

Sat Cit Ananda Sebagai Realitas Tertinggi (Brahman)

Apa itu Sat-cit-ananda? Sat-cit-ananda adalah istilah dalam Bahasa Sansekerta yang menggambarkan sifat realitas tertinggi seperti yang jelaskan dalam sastra – sastra suci Hindu. Beberapa menganggap sat-cit-ananda sama…

Tri Sarira Lapisan Pembungkus Atman

Secara umum yang banyak diketahui oleh semua orang bahwa tubuh atau badan manusia terdiri dari 2 (dua) unsur yaitu jasmani dan rohani. Namun secara prinsip dalam ajaran…

Yoga Suryanamaskara

Pengertian Yoga. Yoga adalah latihan fisik untuk kesehatan yang berasal dari India Kuno dan telah dikenal sejak 3.300 tahun Sebelum Masehi. Pada masa itu Yoga di percayai…

Panca Maya Kosa Sebagai Lapisan Badan

Tahukan kamu bahwa tubuh atau badan terdiri dari banyak lapisan? Tubuh manusia merupakan sarana bagi sang atman untuk mencapai kelepasan dan kebahagiaan. Secara umum yang kita ketahui…

Teori Masuknya Agama Hindu di Indonesia

Agama Hindu pada awalnya berkembang di India. Setelah itu, barulah menyebar ke negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Masuknya Agama Hindu di nusantara dimulai pada awal masehi, melalui…

Tri Mandala Sebagai Struktur Pura Nusantara

Pura adalah istilah untuk tempat ibadat agama Hindu di Nusantara. Pura di Indonesia banyak terkonsentrasi di Propinsi Bali, sebagai pulau yang mempunyai penganut agama Hindu terbanyak. Sehingga…

Leave a Reply

Your email address will not be published.